Pages

Kamis, 21 Oktober 2010

PIS-10-09 Alur komunikasi pada motherboard+gambar, pengertian BIOS dan fungsinya, tipe-tipe BIOS dan vendornya.


1. Jelaskan alur komunikasi pada motherboard+gambar!
2. Apa pengertian BIOS dan fungsinya?
 3. Sebutkan tipe-tipe BIOS dan vendornya(analisa perbedaanya)?
 4. Analisis hasil praktikum untuk hari ini!

Jawaban..

1.      Alur komunikasi pada motherboard ada 2 yaitu NORTHBRIDGE dan SOUTHBRIDGE:
·         NORTHBRIDGE adalah chipset utama yang bekerja sebagai pengatur alur kerja processor dalam berhubungan dengan sejumlah komponen lainnya.
·         SOUTHBRIDGE adalah chipset pembantu yang mengatur kerja IO. 

2.      BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.
Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

3.      Tipe-tipe BIOS adalah AMI, AWARD, Gui dan Non Gui.

Vendor BIOS adalah IBM bios, AMI bios, AWARD bios, PHOENIX bios.

Perbedaan Tipe-tipe BIOS dan Vendor BIOS, vendor adalah penyalur suatu perangkat baik hardware maupun software, sedangkan tipe BIOS adalah beberapa jenis BIOS.


4.      Hasil Praktikum pada tanggal 19 Oktober 2010 yaitu, kami mereview kembali materi tentang merakit computer dan menjabarkan kembali hardware-hardware apa saja yang terdapat pada motherboard beserta fungsinya.


Sumber :  
  http://id.wikipedia.org/wiki/Bios


    1 komentar:

    Anonim mengatakan...

    .makasi :)

    Posting Komentar